Ini Tips dari Ahli Bagaimana Memasak Tanpa Minyak!

Di Indonesia, masih banyak orang yang tergantung dengan minyak saat memasak. Padahal memasak tanpa minyak sangat dianjurkan untuk menjaga tubuh tetap sehat. Kebiasaan menggunakan minyak ini perlu sedikit demi sedikit dikurangi.

Mengapa Memasak Tanpa Minyak?

memasak tanpa minyak
sumber: vitacost.com

Sebagian minyak digolongkan sebagai makanan sehat. Namun tak ada minyak yang benar-benar sehat, apalagi jika dimasak dan dicampurkan ke dalam makanan. Minyak merupakan lemak dengan beberapa nutrisi yang mengandung lebih banyak kalori daripada jenis makanan lainnya.

Menggunakan Alat Masak yang Benar

Penggorengan biasa akan membuat makanan lengket jika dimasak tanpa menggunakan minyak. Jika ingin menghindari teflon, gunakan penggorengan dengan stainless steel berkualitas baik atau bisa juga penggorengan dengan lapisan enamel dan keramik titanium.

Gunakan silicone ovenware yang dapat membuat sayuran yang dipanggang dalam oven tidak lengket tanpa harus diberi minyak. Ada juga parchment paper yaitu kertas yang bisa dipakai untuk mencegah lengket saat memanggang kue.

Gunakan Metode Memasak Tanpa Minyak

Berikut ini beberapa metode yang bisa digunakan untuk memasak tanpa menggunakan minyak:

a. Menumis

Menumis biasanya menggunakan minyak sedikit, namun bisa juga tanpa menggunakan minyak. Caranya yaitu dengan menambahkan air atau kaldu sedikit, sekitar 1 sampai 2 sendok makan. Jangan lupa untuk membolak-balik masakan agar tidak gosong.

b. Baking

Anda dapat menggunakan fruit puree yang sehat dan enak sebagai pengganti lemak seperti minyak, mentega, dan sejenisnya.

c. Roasting/memanggang

Tidak perlu melapisi sayuran atau bahan makanan lainnya dengan minyak sebelum dipanggang. Ini mungkin membutuhkan waktu lebih lama namun akan menghasilkan masakan yang baik. Sebelum dipanggang di oven, bisa menambahkan sayuran dengan bumbu atau menambahkan air dengan campuran kecap asin.

d. Alternatif untuk deep frying

Ada sebagian makanan yang terbiasa digoreng dengan minyak banyak. Anda bisa menggantinya dengan cara masak yang berbeda. Misalnya memanggang kentang dan sayuran daripada menggorengnya.

Eksperiman dengan Bumbu Tanpa Minyak

Selain memasak tanpa minyak, kadang minyak digunakan sebagai bumbu atau tambahan. Minyak tersebut bisa diganti dengan bumbu lainnya.

a) Saus

Ada saus makanan yang menggunakan mentega ataupun minyak. Ini bisa diganti dengan bahan lain seperti kacang, susu kedelai, miso, dan lain-lain.

b) Salad dressing

Salad dressing dapat menggunakan bahan selain minyak seperti campuran cuka, merica, herbal, dan sari buah-buahan, atau dengan selai kacang dan biji-bijian. 

Sumber: forkoverknives.com

Ini Tips dari Ahli Bagaimana Memasak Tanpa Minyak! Ini Tips dari Ahli Bagaimana Memasak Tanpa Minyak! Reviewed by Admin on April 25, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.