Tetap Sehat dan Tak Tambah Gemuk, Ini Tips Diet Saat Puasa

Diet saat puasa untuk menjaga tubuh agar tetap sehat sangat dianjurkan. Puasa di bulan Ramadan sendiri merupakan peluang untuk menghentikan kebiasaan buruk yang memberikan efek negatif salah satunya bagi kesehatan.

Sayangnya banyak yang malah bertambah berat badan seusai puasa selama sebulan penuh. Tentu ada yang salah dalam menu diet mereka, meskipun saat siang hari tidak makan apa-apa. Puasa seharusnya bisa membantu kita untuk tetap sehat dan menahan diri. Saat berbuka, bukan berarti membalas dendam dengan makan sebanyak-banyaknya.


diet saat puasa
sumber: aaj.tv

Menu Makanan Ideal untuk Diet Saat Puasa

Aturan utama:

a. Membatalkan puasa dengan makan kurma

b. Menambahkan sup dan salad (sayuran) dalam menu makanan

c. Hindari makan makanan manis setiap hari dan batasi hanya untuk acara penting

d. Hindari makan makanan berlemak dan digoreng sebisa mungkin, bisa diganti dengan makanan yang dipanggang

Makanan untuk berbuka puasa:

a. Pertama: makan tiga buah kurma dengan segelas air putih

b. Kedua: makan sup setiap hari, hindari sup yang creamy dan berlemak, ganti dengan sup sayuran dan sup ayam.

c. Tiga: makanan pembuka. Makan makanan pembuka setelah sup akan menyiapkan perut untuk memulai proses pencernaan. Direkomendasikan memilih makanan pembuka yang kaya akan sayuran seperti salad.

d. Keempat: makanan utama. Makanan utama untuk berbuka puasa perlu mengandung karbohidrat seperti beras, pasta, roti, dan lain-lain, serta protein yang ada pada daging merah, ayam, dan ikan.

Cemilan untuk makan malam:

Pada malam hari, setelah tarawih, maka ada waktu untuk makan cemilan. Namun ini tergantung porsi buka puasa yang dilakukan sebelumnya apakah sudah banyak atau tidak. Jika sudah mengenyangkan maka tak perlu lagi makan cemilan. Namun jika merasa masih ada ruang, maka bisa makan cemilan yang ringan sehingga tidak malah memberatkan tubuh saat tidur.

Makan sahur:

Waktu terbaik untuk makan sahur yaitu sekitar setengah jam sebelum waktu azan Subuh. Makan makanan yang mengenyangkan namun ringan seperti roti gandum dengan buah atau sereal dengan susu dan buah-buahan kering. Hindari makan makanan manis yang dapat meningkatkan rasa lapar setelah beberapa jam, serta hindari makanan asin karena dapat menimbulkan rasa haus.

Diet saat puasa dapat tetap dilakukan dengan tetap membuat tubuh sehat. Puasa memang seharusnya dapat membuat tubuh bertambah sehat bukan semakin gemuk atau malah membuat tubuh sakit.

Sumber: hamad.qa
Tetap Sehat dan Tak Tambah Gemuk, Ini Tips Diet Saat Puasa  Tetap Sehat dan Tak Tambah Gemuk, Ini Tips Diet Saat Puasa Reviewed by Admin on April 24, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.