Diet Alami : Sayuran dan Buah Makanan Terbaik untuk Mengurangi Berat Badan

Banyak orang ingin menurunkan berat badan, salah satunya dengan diet alami. Diet atau pola makan seseorang memang menjadi penentu utama dalam menjaga berat badan. Masalahnya tak semua orang punya kemampuan untuk menahan diri dalam makan makanan yang sehat baik itu jenis dan jumlahnya.

diet alami
Sayuran
(foto: cdc.gov)

Diet Alami dengan Makan Banyak tapi Tetap Mengurangi Berat Badan?

Trik untuk diet mengurangi berat badan cukup sederhana: makan lebih berwarna, buah dan sayuran. Buah dan sayuran mengandung banyak vitamin dan mineral, serta berbagai zat yang dapat melawan penyakit.
Sayangnya hanya sedikit saja masyarakat yang mau makan buah dan sayuran dengan porsi cukup setiap harinya. Bukan karena tak punya uang, namun tidak suka serta kurang peduli.


Rahasia Buah dan Sayuran untuk Diet Alami

Rahasia pertama dari buah dan sayuran yaitu mereka kaya akan nutrisi. Kebanyakan mengandung kalori rendah, jadi kita tetap dapat makan lebih banyak sayuran dan buah meskipun sedang diet.
Rahasia kedua: mengenyangkan. Sayuran dan buah kebanyakan mengandung banyak air dan serat. Kandungannya ini bisa membuat kita menjadi kenyang lebih lama.
Konsumsi sayuran dan buah-buahan yang cukup setiap harinya juga dapat melawan berbagai penyakit. Ada berry, bayam, peach, anggur, dan berbagai macam buah dan sayur yang mengandung antioksidan yang dapat mengurangi risiko berbagai penyakit serius seperti kanker.

Sayuran dan Buah: Segar, Beku, Kalengan, atau Kering?

diet alami
(foto: fmyn.org)

Setelah kita tahu bahwa diet alami dapat dilakukan dengan mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran, selanjutnya yaitu bagaimana cara kita memakannya. Saat ini baik buah dan sayuran disajikan dengan berbagai bentuk mulai dari yang segar sampai kalengan.
Sayuran dan buah segar  cenderung lebih aman dikonsumsi daripada jenis lainnya. Pengolahannya sendiri harus diperhatikan. Hindari mengolah dengan bahan-bahan yang malah tidak sehat, seperti digoreng dengan minyak, diberi moyones atau diberi terlalu banyak garam/gula.
Menghaluskan sayuran dan buah menjadi jus boleh-boleh saja dilakukan. Namun sebaiknya tidak perlu diberi tambahan seperti gula yang malah dapat meningkatkan berat badan. Jika membeli jus dalam kemasan, maka pastikan jus tersebut benar-benar 100% buah dan sayuran, tanpa tambahan bahan lainnya.

Cara Diet Alami dengan Buah dan Sayuran

Kita tetap bisa makan tiga kali dalam sehari dengan memperbanyak porsi buah dan sayuran. Kurangi porsi jenis makanan lainnya seperti nasi dan lauk-pauk lainnya. Dalam satu piring, sayuran harus lebih banyak. Pastikan porsi makanan yang dikonsumsi tidak berlebihan serta tidak kurang juga sehingga tubuh tetap fit.

diet alami
(foto: cateringstore.com.au)


Ganti makanan ringan/cemilan/snack dengan buah dan sayuran. Pastikan makanan ringan tersebut tidak melebihi 100 kalori. Ini bisa dikonsumsi satu sampai dua kali dalam sehari.

Berikut ini beberapa snack dari buah dan sayuran yang bisa dipilih:

1. apel ukuran sedang (72 kalori)
2. pisang ukuran sedang (105 kalori)
3. 1 cup anggur (100 kalori)
4. 1 cup wortel (45 kalori), brokoli (30 kalori)
 1 cup = 220 gram
Buah utuh akan memiliki ukuran yang lebih besar daripada buah yang dikeringkan. Misalnya kismis ¼ cup saja sudah mengandung 100 kalori.


Sumber: www.cdc.gov, www.webmd.com
Diet Alami : Sayuran dan Buah Makanan Terbaik untuk Mengurangi Berat Badan Diet Alami : Sayuran dan Buah Makanan Terbaik untuk Mengurangi Berat Badan Reviewed by Admin on April 12, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.