Makanan Terbaik untuk Sahur Sehat dan Makanan yang Perlu Dihindari

Idealnya, makan untuk sahur harus penuh nutrisi dan tidak terlalu berat. Sebaiknya merupakan kombinasi dari protein berkualitas tinggi, sayuran dan air. 
sumber: havehalalwilltravel.com

Protein itu Penting

Makanan yang mengandung protein sangat baik untuk sahur. Protein membuat Anda merasa kenyang, dicerna perlahan-lahan sehingga akan kenyang lebih lama. Selain itu manfaat penting lain dari protein yaitu membantu menyeimbangkan kadar gula dalam darah yang penting saat berpuasa.

Jika makan sahur terlalu banyak karbohidrat maka akan menyebabkan fluktuasi gula darah dan akan membuat merasa lelah, pusing, lapar, dan moody saat siang hari.

Pilihan Makanan yang Cocok untuk Sahur:

a. Kurma

Kurma merupakan makanan yang disunnah-kan saat sahur dan berbuka. Kandungan kurma sendiri sangat baik dan cocok untuk orang yang akan berpuasa.

b. Protein

Ada banyak makanan pilihan yang mengandung protein. Beberapa makanan tersebut antara lain telur, ayam, daging merah, ikan, almond, dan lain-lain.

c. Lemak sehat

Pilihan makanan yang mengandung lemak sehat antara lain minyak zaitun, avokad, almond, walnut, biji-bijian(chia, flax, kuaci), salmon, dan lain-lain.

d. Antioksidan

Jangan lupa untuk menambahkan makanan yang mengandung antioksidan seperti buah-buahan. Buah-buahan yang mengandng antioksidan misalnya apel, anggur, jeruk, pir, strawberry, dan lain-lain.

e. Gandum utuh

Gandum utuh yang merupakan jenis karbohidrat sehat bisa berupa oatmeal, quinoa, dan beras merah.

f. Sayuran dan minuman

Sahur juga perlu menambahkan sayuran yang mengandung air serta minuman diperlukan untuk membuat tubuh tidak kekurangan cairan. Sayuran yang mengandung air misalnya ketimun, tomat, brokoli, dan lain-lain. Minuman yang dianjurkan yaitu air putih, air lemon, teh herbal, dan air kelapa muda.

g. Makanan alkaline

Saat sahur perlu juga memasukkan makanan yang bersifat basa untuk menjaga keseimbangan tubuh yang tidak minum seharian. Beberapa makanan yang dianjurkan misalnya sayuran hijau, lemon, dan multivitamin.

Makanan yang Dihindari saat Sahur

Berikut ini beberapa jenis makanan yang peru dihindari saat sahur:

1. Makanan yang diproses/pabrikan

2. Roti putih

3. Pastry

4. Kopi dan teh yang mengandung kafein

5. Makanan yang digoreng dengan minyak banyak

6. Makanan manis yang mengandung gula

7. Makanan yang terlalu asin

8. Minuman kemasan yang mengandung gula 


Sumber: healthymuslimah.com
Makanan Terbaik untuk Sahur Sehat dan Makanan yang Perlu Dihindari Makanan Terbaik untuk Sahur Sehat dan Makanan yang Perlu Dihindari Reviewed by Admin on May 05, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.