7 Tips untuk Menu Berbuka Puasa yang Sehat

Buka puasa kadang dimanfaatkan oleh banyak orang untuk makan segala macam makanan. Kadang masalah kesehatan menjadi dikesampingkan sehingga di akhir puasa bukannya bertambah langsing malah bertambah berat badan. Buka puasa yang sehat sebenarnya bisa diterapkan sehingga tubuh tetap sehat dan ideal.
sumber: vogue.in


Berikut ini beberapa tips untuk menyiapkan menu buka puasa yang sehat:

1. Menyertakan buah-buahan segar

Buah-buahan segar perlu disertakan dalam menu saat berbuka puasa. Ada banyak jenis buah-buahan yang dapat menjadi makanan penutup setelah makan makanan utama misalnya anggur, apel, berries, dan lain-lain.

2. Tidak lupa dengan makanan berprotein sehat

Makanan berprotein sehat misalnya daging ayam tanpa kulit, polong-polongan, ikan, tahu, tempe, telur, dan kacang-kacangan. Makanan tersebut perlu dimasak dengan cara yang sehat juga sehingga manfaatnya juga bisa optimal.

3. Menyertakan sup atau sayuran

Sayuran memiliki berbagai nutrisi berupa vitamin, mineral, serta zat antioksidan yang diperlukan oleh tubuh. Jangan lupa untuk menyertakan sayuran baik itu berupa sup ataupun jenis masakan dengan sayur lainnya. Sayur sendiri bisa dimasak dengan mudah seperti direbus dan ada juga yang dimakan langsung.

4. Buka puasa dengan kurma

Berbuka dengan kurma sangat dianjurkan apalagi merupakan sunnah yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad. Kurma sendiri berbeda dari makanan manis lainnya karena kaya akan nutrisi seperti potassium dan vitamin B6. Kurma juga kaya akan serat dan antioksidan.

5. Memilih karbohidrat sehat

Di Indonesia, makanan yang mengandung karbohidrat dan menjadi makanan utama yaitu nasi putih. Sebenarnya nasi putih merupakan sumber karbohidrat yang kurang sehat sehingga tidak boleh terlalu banyak memakannya. Nasi putih bisa diganti dengan nasi merah atau sumber karbohidrat lainnya seperti oat.

6. Hindari makanan dengan tinggi lemak, garam, dan gula

Masakan yang dijual saat berbuka sangat bervariasi, banyak juga yang mengandung lemak tinggi, garam, serta gula. Makanan tersebut biasanya memiliki rasa yang mengundang selera namun jika terlalu sering maka bisa menjadi sumber penyakit. Jika ingin makanan berbuka yang sehat maka hindari makanan dengan tinggi lemak, garam, maupun gula.

7. Minuman yang dianjurkan

Minum air yang cukup sebelum makan berbuka. Minuman yang dianjurkan misalnya air putih, sari buah tanpa pemanis, dan susu.
7 Tips untuk Menu Berbuka Puasa yang Sehat 7 Tips untuk Menu Berbuka Puasa yang Sehat Reviewed by Admin on May 11, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.